Rame-rame Sharing yang Berfaedah ya....

Thursday, December 29, 2016

Supernanny

Supernanny.

Tampaknya kolom artikel pendidikan di blogspot rameramesharing kurang lengkap tanpa
memasukkan sepak terjang para ahli dalam mendisiplinkan anak yaitu supernanny.

Sering kehilangan akal bagaimana mendidik anak. Sudah diskusikan dengan orang tua. Banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik dari supernanny.

Salah satunya adalah video di samping. Mungkin banyak di antara kita yang memiliki pengalaman dengan anak yang tidak memperhatikan kerapian, anak yang sering ganggu teman, anak yang sukar membagikan mainan sementara di anak yang lain mampu membagikan mainan kepadanya, dan lain sebagainya.

Banyak sekali hal-hal baik yang dapat dipelajari dalam supernanny. Saya sendiri memiliki 3 murid yang aktif dan harus diperhatikan. Kalau tidak...... huh....

Suatu ketika mereka mau bermain trampoline. Trampoline itu sebenarnya hanya mampu memuat 2 orang. Mereka bertiga mau main pada saat yang bersamaan. Mereka tahu saya berada di dekat mereka. Kalau mereka berebutan atau mereka melakukan keributan, mereka tahu saya akan cerewet. Mereka pun melihat ke saya dengan maksud saya mampu menyelesaikan masalah mereka. Sementara saya mau melihat bagaimana mereka dapat berpikir untuk memecahkan masalah ini.

Mata mereka bertiga tertuju kepada saya dan saya dengan berusaha tenang, penuh tanda tanya dalam hati saya mereka, mengangkat bahu saya dengan perlahan-lahan, agak mengerutkan dahi  saya seakan-akan berkata "Bagaimana ya?"

Salah satu murid kemudian berpikiran 'ya udah..  kita hom pim pa.' Ya... dia ajak murid lain hom pim pa..... yang menang boleh duluan main yang menang di urutan kedua mendapat urutan kedua untuk main, demikian seterusnya.

Biasanya mungkin saya yang mengambil keputusan, saya mau melihat mereka mengambil keputusan tanpa memaksakan ego. Maklum... anak-anak usia 5 tahun.

Mungkin banyak juga yang memiliki pengalaman demikian. Silahkan dishare....


rameramesharing

No comments:

Post a Comment